Langsung ke konten utama

Psikologi Pendidikan : Testimoni Selama Perkuliahan


Testimoni  Selama Belajar Psikologi pendidikan 

Testimoni saya selama belajar Psikologi Pendidikan di Universitas Sumatera Utara :

Saya sangat senang, baik dengan dosen dan materi nya, banyak hal- hal baru yang benar- benar saya yakini sangat berguna untuk kedepannya nanti oleh karena itu setiap mata kuliah ini catatan saya lumayan penuh. Setiap dosen memiliki cara masing- masing dalam menyampaikan namun setiap dosen juga sangat menarik dalam menyampaikannya. Sehingga dalam mata kuliah ini saya sangat tertarik dan setiap selesai kuliahnya saya merasa berisi (mendapatkan ilmunya).

Terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Psikologi Pedidikan : Pengelolaan Kelas

PENGELOLAAN KELAS Manajemen kelas memiliki 2 tujuan utama yaitu : 1. Membantu murid menghabiskan banyak waktu untuk belajar dan sedikit waktu untuk aktivitas yang tidak mengarah pada tujuan 2. Mencegah murid mengembangkan masalah akademis dan emosional. Isu Manajemen di Kelas Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pada semua level pendidikan, manajer kelas yang baik mendesain lingkungan fisik kelas untuk pembelajaran yang optimal, menciptakan lingkungan yang positif untuk pembelajaran, membangun dan menegakkan aturan, mengajak murid bekerja sama, mengatasi problem secara efektif, dan menggunakan strategi komunikasi yang baik. Baik di level sekolah dasar maupun menengah, kelas bisa jadi padat, kompleks, dan kacau. Kelas Padat, Kompleks, dan Berpotensi Kacau Kelas yang ramai dan kompleks dapat menimbulkan kekacauan dan masalah jika kelas tidak dikelola dengan efektif. Dalam menganilisis lingkungan kelas, Walter Doyle (1986) mendeskripsikan 6 karakteristik yang merefleksik...

Psikologi Pendidikan: Bimbingan Konseling

BIMBINGAN KONSELING Pengertian Bimbingan dan Konseling Secara etimologis, bimbingan dan konseling terdiri atas dua kata, yaitu “bimbingan” (terjemahan dari kata “guidance”) dan “konseling” (diadopsi dari kata “conseling”). Dalam praktik, bimbingan dan konseling merupakan satu kesatuan kegiatan yang tidak terpisahkan. Keduanya merupakan bagian yang integral.  BIMBINGAN    Seperti disebut diatas bahwa, “bimbingan” merupakan terjemahan dari kata “guidance” dari kata dasar “guide” yang berarti menunjukkan jalan (showing the way), memimpin (leading), memberikan petunjuk (giving instruction), mengatur (regulating), mrngarahkan (governing), dan memberi nasihat (giving advice) (Winkel, 1991). Istilah “guidance”, juga diterjemahkan dengan arti bantuan dan tuntunan. Ada juga yang menerjemahkan dengan arti pertolongan. Jadi secara etimologis, bimbingan dan konseling berarti bantuan dan tuntunan atau pertolongan, tetapi tidak semua bantuan, tuntunan atau per...

Psikologi Pendidikan : Pendidikan Multikultural

Pendidikan  Multikultural Defenisi Pendidikan Multikultural Pendidikan Multikultural adalah pendidikan yang menghargai perbedaan dan mewadahi beragam perspektif dari berbagai kelompok kultural.  Pendidikan multikultural adalah proses pengembangan seluruh potensi manusia yang menghargai pluralitas dan heterogenitasnya sebagai konsekuensi keragaman budaya, etnis, suku, dan aliran (agama). Fokus Pendidikan Multikultural Menurut James Banks yang dikenal sebagai perintis pendidikan multikultural, penekanan dan perhatian difokuskan pada pendidikannya. Banks yakin bahwa sebagian dari pendidikan lebih mengarah pada mengajari bagaimana berpikir daripada apa yang dipikirkan. Ia menjelaskan bahwa siswa harus diajari memahami semua jenis pengetahuan, aktif mendiskusikan konstruksi pengetahuan ( knowledge construction) dan interpretasi yang berbda-beda (Banks, 1993). Banks, James A. 1993. An Introduction to Multicultural Education. Boston: Allyn and Bacon. ...